Rabu, 25 Juni 2008

Info

PEMBUATAN BRIKET ARANG DARI SAMPAH ORGANIK

Brows karang harga BBm naikan???waduh repot juga ya klo harga BBm naik pasti hampir semua kebutuhan juga naik,,,kita sering berpikir ya kenapa kalau BBM naik kemungkinaan harga yang lainya juga ikut melambung harganya,,,ini karena Minyak Mentah juga bukan hanya diproduksi untuk BBM tap non BBm juga brow, tau gak pakain kita juga ada yang berasal dari Minyak mentah,,piring2 melamin juga, pokonya banyak dechhh...Mungkin kita semua sekarang mulai susah untuk menghadapi kehidupan,,harga-harga mulai melambung,,tapi karang brows udach ada Briket Arang dari sampah organik untuk menghemat BBM brows..

Dengan penggunaan briket arang sebagai bahan bakar maka kita dapat menghemat penggunaan kayu sebagai hasil utama dari hutan. Selain itu penggunaan briket arang dapat menghemat pengeluaran biaya untuk membeli minyak tanah atau gas elpiji.Dengan memanfaatkan sampah organik yang ada disekitar kita sebagai bahan pembuatan briket arang maka akan menningkatkan pemanfaatan limbah hasil hutan sekaligus mengurangi pencemaran udara,.Manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan pendapatan masyarakat bila pembuatan briket arang ini dikelola dengan baik untuk selanjutnya briket arang dijual.Bahan pembuatan briket arang mudah didapatkan disekitar kita berupa sampah organik.ini nih cara untuk membuat Briket Arang dari pemanfaatan sampah organik..

Cara Pembuatan Briket Arang :

1. Peralatan

  • Ayakan ukuran lolos 50 mesh dan 70 mesh
  • Cetakan briket( pipa besi/pipa paralon ¼ atau ½ inc)
  • Oven./ wadah untuk membakar sampah organik.
  • Tempat penumbuk & alat penumbuk

2. Bahan

· Sampah-sampah organik yang kering

· Tempurang kelapa

· Lem kanji

3. Proses pembuatan media tumbuh jamur adalah sebagai berikut :

· Pengarangan

Sampah dan tempurung kelapa dibuat arang dengan pengarangan manual (dibakar) di tempat untuk membakar.

· Penumbukan

Setelah sampah-sampah dibakar kemudian ditumbuk di tempat menumbuk hingga halus.

· Pengayakan

Setelah ditumbuk kemudian masukan ketempa pengayakan supaya biar tambah halus untuk mempermudah dalam pencetakan.

· Pencampuran media

Arang sampah organik dan tempurung kelapa yang telah disaring selanjutnya dicampur dengan perbandingan arang serbuk gergaji 90 % dan arang tempurung kelapa 10 %. Pada saat pencampuran ditambah dengan lem kanji sebanyak 2,5 % dari seluruh campuran arang sampah dan tempurung kelapa.

· Pencetakan Briket Arang

Setelah bahan-bahan tersebut dicampur secara merata, selanjutnya dimasukkan ke dalam cetakan briket dan jangan lupa keringkan brows…

Selamat mencoba brows…lumayan lah untuk menghemat biaya untuk membeli Minyak tanah dan apabila mau dijadikan sebagai usaha sampingan…Goods luck…

Tidak ada komentar: